Selasa, 29 Juli 2008

Yogyakarta Oh DIY-ku

Kota ini menarik banget. Apanya? Banyak.


. Pertama, ditilik.. ssseh ditilik gayane.. yap ditilik dari letak geografisnya, Propinsi kecil bernama DIY ini udah ditakdirkan indah. Dibagian sudut utara ada gunung berapi menjulang tinggi yang dijaga mbah marijan tersayang.. G. Merapi. Lalu dibagian selatan dibatasi laut selatan yang menawan. Sebelah timur ada pegunungannya. Lalu dibagian barat ada (apa ya?). hehehe.



. Kedua, dari kondisi geografi yang cukup komplit itu maka DIY ini punya banyak obyek wisata yang gag ada matinyaaaa.. Yang mau adem-adem tinggal ke utara. ada beberapa obyek wisata. Mau pacaran, ke Bebeng, kalikuning atau kaliadem. Kalo mau lihat hutan dan mendaki tinggal ke Telaga Putri atau ke Goa Jepang. Ada gardu pandang juga.. Maknyuz deh buat yang hobi wisata dingin. Aksesnya gampang..


. Kalo mau yang "HOT" tinggal menuju keselatan. Banyak pilihan pantai di Yogya. Pantainya masih bersih2 dan nyamaaan banget. Belum ada polusi air. Pantai Parangtritis, Baron Kukup Krakal, Depok, Samas, Pandansimo dll. Buat yang hobi shopping tempatnya di Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Kotagede buat yang nyari perhiasan perak. Buat yang cari-cari turis, ada di Prawirotaman. Terus khusus di bulan Suro, ada pasar malam yang wah asik abiz.. bisa ngingetin masa2 dulu. Namanya Pasar Skaten.



. Ketiga, MAKANAN. Makanan khas Yogya sebenernya buanyakkkk. Hanya saja yang paling terkenal itu Nasi Gudeg. Hmm yummiee.. Rasanya gurih-legit jadi satu, hmmm. Jadi ngiler. YA cuma di Yogya yang gudegnya kaya gini. Ada juga Oseng2 Mercon yang puedesssnya JOS! Buat penggemar camilan atau makanan2 kecil ada Yangko dan Kipo yang gampang dicari disekitar kotagede. Terus Geplak dari bantul. Ada jadah tempe yang banyak didapet di kaliurang. Semuanya yummmiee!










. Keempat, mungkin banyak juga kota yang punya makanan, obyek wisata maupun kondisi geografis yang strategis. Tapi cuma Yogya yang punya Kerajaan yang begitu megah dan disegani dimana-mana! Hal inilah yang bikin Yogya terlihat begitu berbeda. Namanya Keraton Ngayogyakarta yang dirajai oleh Sri Sultan HB X dan sekaligus jadi gubernur DIY (Semoga beliau tetap menjadi Gubernur mengingat akan ada pemilihan Cagub yang sebenarnya ditolak masyarakat besar Yogyakarta. Hiks) Suasana Kereton inilah yang menyelimuti Yogyakarta dan menjadi magnet tersendiri untuk turis2 asing maupun lokal. Suer deh begitu masuk Yogya, hawanya itu udah lain.. Beda.. Unik. Itulah yang bikin kangen tiap orang yang udah mengenal Yogya. Uh I love Yogya.


. Kelima, karna pastinya didalam Yogya ada AKU. Hehehe.. Walaupun aku bukan orang Yogya asli tapi aku cinta Yogya :)

Tidak ada komentar: